Presiden Timor Leste 4 Hari di NTT, Bertemu Uskup Petrus Turang hingga Warga Eks Timtim

Budaya, Ekopol, Humaniora14 Dilihat
Ramos Horta dan Mgr. Petrus Turang.

GRAHA BUDAYA — Presiden Republik Demokratic Timor Leste Jose Ramos Horta melakukan kunjungan ke Provinsi NTT, tetangga Timor Leste, selama empat hari.

Ramos Horta yang dilantik menjadi presiden pada 20 Mei 2022 tersebut mengunjungi NTT sejak Jumat (22/7).

Ramos Horta pertama-tama melakukan kunjungan ke Labuan Bajo pada 22 Juli dalam rangka meninjau perkembangan pariwisata Labuan Bajo yang diresmikan Presiden Joko Widodo pada 21-22 Juli 2022.

Baca juga: PH Randy Minta Kliennya Dibebaskan, Begini Tanggapan Jack Manafe Kakak Astri

Bertolak dari Labuan Bajo, pada Minggu kemarin, Ramos Horta menuju Kupang, rumah bagi warga eks Timor-Timur yang memilih bergabung dengan Indonesia saat referendum kemerdekaan pada tahun 1999.

Dari Labuan Bajo, Ramos Horta ditemani Gubernur NTT Viktor Bungtilu Laiskodat dan pejabat teras Pemprov NTT yang mengikuti peresmian infrastruktur di Labuan Bajo.

Ramos Horta tiba di di Bandara El Tari Kupang, Minggu 24 Juli 2022 pukul 12.00 WITA.

Baca juga: Jokowi Ungkap ‘Kekuatan Tersembunyi’ Labuan Bajo yang Tak Dimiliki Negara Lain

Di Kupang, Ramos Horta berkunjung Kantor Konsulat Jenderal Timor Leste, ke Istana Keuskupan Agung Kupang, lalu akan berdialog dengan warga eks Timtim di Aula Rumah Jabatan Gubernur NTT.

Dia engatakan Indonesia dan Timor Leste adalah dua negara tetangga yang saling mendukung. Untuk itu, dia akan memperkuat hubungan kedua negara.

Dalam pertemuan dengan Uskup Petrus Turang di Istana Keuskupan Agung Kupang, keduanya berbicara tentang persaudaraan dan kemanusiaan, terkhusus antara warga  Timor Leste yang ada di Pulau Timor.

Semenjak Timor Leste merdeka tahun 2000, kedua negara menyadari bahwa di Pulau Timor terdapat kebudayaan yang sama, sehingga ke depan diharapkan bisa saling mengisi untuk persaudaraan dan kebudayaan.

Pada kesempatan tersebut, Ramos Horta juga mengucapkan selamat kepada Mgr. Petrus Turang yang akan merayakan Pesta Perak 25 Tahun Tahbisan Episkopal pada 27 Juli 2022 mendatang.

“Tadi Presiden Ramos Horta juga menyampaikan selamat kepada Bapa Uskup, dan Presiden juga merasa bergembira karena mengetahui bahwa sebelumnya Bapa Uskup adalah anggota komisi kebenaran dan persahabatan Indonesia Timor Leste yang dirintis Presiden SBY kala itu,” ujar Romo Maxi Un Bria, Vikjen Keuskupan Agung Kupang, dikutip Pos Kupang.

Baca juga: Tragis! 2 Imam Katolik Diculik di Nigeria, 1 Dibunuh Secara Brutal

Bertemu Warga Eks Timtim

Bertolak dari pertemuan dengan Uskup Petrus Turang, Ramos Horta menemui warga eks Timtim di Rumah Jabatan Guebrnur NTT, Kupang.

Di sana, dia bertemu dengan pentolan eks Timtim pro Indonesia Eurico Guterres. Pertemuan tertutup itu berlangsung sejak pukul 20.00 Wita. Tamu terbatas mengikuti rangkaian pertemuan tersebut.

Dia mengajak semua warga Timor Leste dimana pun berada untuk melepas perbedaan dan melupakan masa lalu antara Indonesia dan Timor Leste. 

Dia ingin kerja sama dan perkembangan kedua negara ini dapat berjalan dengan baik ke depannya.

“Saya juga mengajak semua warga Timor Leste, dimanapun berada baik yang ada di Kupang, Jakarta atau negara lain, Australia, Eropa, terlepas dari masa lalu, terlepas dari perbedaan sistem politik untuk bersama mendukung Indonesia dan Timor Leste,” katanya.

Setelah pertemuan, dilanjutkan dengan acara ramah tamah. Usai makan malam dan pertemuan, Ramos Horta bersama rombongan meninggalkan aula rumah jabatan Gubernur NTT sekira pukul 20.00 Wita menuju ke tempat penginapan di hotel Aston Kupang.

Minggu siang, Ramos Horta sempat berziarah ke Taman Makan Pahlawan (TMP) Dharmaloka dan berdoa di makam Jose Abilio Osorio Soares, mantan Gubernur Timor Timur pada tahun 1992-1999.

Abilio Soares hijrah ke Kota Kupang ketika terjadi referendum tahun 1999 hingga akhirnya meninggal dan dimakamkan di Taman Makam Pahlawan Dharmaloka Kota Kupang.

Ramos Horta berziarah ke TMP  Dharma Loka Kota Kupang didampingi oleh Gubernur NTT Viktor Laiskodat dan Wakil Gubernur NTT Josef Nae Soi.*

Sumber: Pos Kupang

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.