PDIP NTT Lamar Figur Kurang Populer Jadi Calon Gubernur 2024

Emi Nomleni dan Heri Dosinaen.

GRAHA BUDAYAKetua DPD PDIP NTT Emi Nomleni sebagai perwakilan PDIP NTT resmi melamar salah satu putra terbaik Adonara, Heri Dosinaen sebagai bakal calon Gubernur untuk Pemilihan Gubernur (Pilgub) NTT 2024.

Emi Nomleni yang kini menjabat sebagai Ketua DPRD Provinsi NTT melawati Heri Dosinaen di Desa Nihaone, Kecamatan Ile Boleng, Pulau Adonara, Flores Timur.

Dalam lawatannya ke Adonara pada Kamis (26/5), Emi Nomleni didampingi pengurus PDIP NTT dan DPC PDIP Flores Timur.

Baca juga: Viral Oknum Polwan di Kupang Ancam ‘Injak Kasih Mati’ Warga yang Rekam Razia Polisi

Di sana, Cawagub NTT yang berpasangan dengan Marianus Sae pada Pilgub 2018 tersebut disambut dengan seremonial adat di Rumah Adat Dosinaen.

Dalam pernyataannya, Emi mengatakan bahwa lamaran kepada Heri Dosinaen merupakan langkah politik PDIP NTT dalam rangka mempersiapkan diri menuju Pilgub 2024 meski masih dua tahun lagi.

Pilkada Serentak Nasional 2024 rencananya kan dilaksanakan pada 27 November.

Baca juga: Survei Charta Politika: Ansy Lema Masuk 4 Besar Calon Gubernur NTT 2024

Emi dan seluruh kader PDIP NTT yakin Heri merupakan sosok yang tepat untuk maju sebagai Cagub NTT 2024.

Heri Dosinaen adalah mantan Sekda Provinsi Papua. Di sana dia mengabdi sebagai ASN selama kurang lebih 23 tahun. Perjalanan karirnya cukup mentereng.

“Ketika saya diberi ruang, saya harus siapkan diri. Saya terus bergerak. Ini bukan soal proses lamar melamar, tapi sebuah perjalanan. Tujuannya cuma satu ingin kerja memberikan terbaik untuk masyarakat NTT,” ujar Emi dikutip Tribun Flores, Sabtu (28/5).

PDIP memiliki 10 kursi di DPRD NTT. Untuk mencalonkan diri sebagai Gubernur, maka partai banteng tersebut miminal harus merangkul 3 kursi lagi  agar mencapai total 13 kursi dari 65 kursi di DPRD.

Baca juga: Polda NTT: Ira Ua Tidak Terlibat Namun Turut Serta dalam Kasus Penkase

Perlu diketahui bahwa berdasarkan hasil survei Charta Politika yang dirilis baru-baru ini, ada beberapa nama calon kepala daerah pilihan rakyat dalam Pemilihan Gubernur NTT 2024. Namun, nama Heri Dosinaen belum masuk di antara 12 tokoh yang disurvei.

Dari survei tersebut, Emi Nomleni memiliki elektabilitas 11,1%, berada di bawah Gubernur Viktor Bungtilu Laiskodat (27,5%) dan Beny Kabur Harman (11,3%).

Namun ada satu yuniornya di PDIP yang muncul dan diangap mampu menyaingi elektabilitasnya, yakni Yohanis Fransiskus Lema. Dalam survei tersebut, politikus PDIP yang kini duduk di Komisi IV DPR RI tersebut meraih elektabilitas 10,4%.

Nama-nama kandidat senior lainnya adalah Jefri Riwu Kore (5,3%), Melki Laka Lena (4,3%), Esthon Foenay (4,1%), Cornelis Kodimete (2,9%), Joseph A Naesoei (2 ,1%), Patris Lali Wolo (2%), Fary Jemi Francis (1,5%) dan Alosius Lalo Madi (1,1%).

Survei ini berlangsung pada 4-12 Maret dengan margin of error sebesar 3-4%.*

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.