Pastor SVD Asal TTU Dapat Kehormatan dari Pemerintah di Argentina

Humaniora6 Dilihat
Pater Amans Laka, SVD.



GRAHA BUDAYA Pastor Katolik asal Kabupaten Timur Tengah Utara (TTU), NTT, Pater Amans Laka, SVD mendapat suatu kehormatan dari pemerintah Puerto Ezperanza, Argentina. 
Pastor kelahiran 14 Mei 1968 ini mendapatkan tanda kehormatan berupa penamaan salah satu jalan di kota Puerto Esperanza yang mana menggunakan nama Pastor Aman Laka
Jalan Amans Laka atau dalam bahasa Spanyol Calle Amans Laka yang membentang sepanjang 4 kilometer, ditetapkan melalui Surat Keputusan Pemerintah Puerto Ezperanza No. 58/2007.
Penghormatan diberikan karena dedikasi dan pelayanan alumnus Seminari Tinggi Santu Paulus dan Sekolah Tinggi Filsafat Katolik Ledalero, Maumere tersebut dalam membangun beberapa gedung sekolah serta membuka lahan perkebunan dan situs www.sampah.com di Kabupaten Esperanza Provinsi Misiones, Argentina dari tahun 1996 sampai tahun 2016.
“Secara pribadi saya tidak mengharapkan penghargaan seperti itu. Namun, Bupati dan anggota DPR di Puerto Espaeranza merasa perlu memberi apresiasi kepada saya dengan cara yang luar biasa yaitu menggunakan nama Amans Laka untuk nama jalan itu sepanjang 4 km,” ungkap Pater Amans.
Pastor Amans Laka turut andil dalam pembangunan Primary School No. 656 di Puerto Ezperanza yang saat ini dikenal sebagai Sekolah Republik Indonesia berdasarkan Surat Keputusan Pemerintah Kabupaten Puerto Esperanza Nomor 19/2010. 
Pater Aman Laka telah dipindahtugaskan pada akhir Desember 2019 ke Kuba. Menurutnya pelayanan misi di Kuba tidak mudah karena semuanya dikendalikan oleh pemerintah.
“Saya merasakan bahwa keadaannya tidak mudah, karena pemerintah mengendalikan transportasi dan telekomunikasi. sekarang, sekarang di Kuba hanya ada satu televisi, satu radio dan satu majalah yang nasional,” ungkap Pater Amans.*

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.