Menteri PAN-RB Tjahjo Kumolo Tutup Usia, Sempat Dibesuk Jokowi

Humaniora11 Dilihat
Menteri Tjahjo Kumolo.

GRAHA BUDAYA — Indonesia kembali dirundung dukacita. Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB) Tjahjo Kumolo dikabarkan meninggal dunia pada Jumat (1/7) siang.

Politikus senior PDIP tersebut meninggal setelah menjalani perawatan intensif karena sakit keras di Rumah Sakit Abdi Waluyo sekitar pukul 11.00 WIB.

Kepergiaan mantan Menteri Dalam Negeri (Mendagri) itu disampaikan oleh politisi PDI-P Junimart Girsang pada Jumat siang.

“Ya-dpt info dari Ka-BKN td berpulang jam 11.10,” ujarnya dikutip Kompas.com.

Baca juga: Suster Giovanita Meninggal Akibat Lakalantas Saat Ambil Hosti Kudus

Sebelum kabar duka datang, Tjahjo Kumolo memang sempat dirawat di rumah sakit pada 20 Juni 2022. Tidak diketahui pasti sakit yang dideritanya.

Sejak dirawat, Tjahjo sudah mulai tidak aktif sebagai menteri maupun kepartaian. Dia tak hadir saat pelaksanaan Rakernas II PDI-P pada 21 Juni lalu.

Presiden Joko Widodo maupun Ketua Umum PDI-P Megawati Soekarnoputri terus memantau kondisi Tjahjo di RS Abdi Waluyo. Jokowi sendiri pernah membesuk Tjahjo pada 21 Juni lalu.

Sekretaris Kementerian PAN-RB Rini Widyantini menjelaskan, kondisi mantan Sekjen PDIP itu tidak koma. Tapi harus menjalani perawatan intensif.

Baca juga: Melihat Banyak Kota yang Hancur, Jokowi Ajak Presiden Ukraina Berdamai dengan Rusia

Namun, Kemenpan-RB belum dapat menjelaskan penyakit yang dialami oleh Tjahjo.

“Beliau tidak koma, namun harus menjalani perawatan secara intensif sampai kondisi keseluruhan stabil dan membaik,” jelasnya belum lama ini.

Perlu diketahui bahwa pada pemerintahan Jokowi periode 2019-2024, Tjahjo kembali dipercaya masuk kabinet untuk menjabat sebagai Menpan RB setelah periode pertama sebagai Mendagri.

Dalam karier politiknya, pria kelahiran 1 Desember 1957 itu pernah bergabung dengan Golkar sebelum menjadi kader PDIP. Dia pun tercatat pernah menjadi Ketua Umum KNPI dan Sekjen PDIP.*

Selamat jalan Bapak Menteri. RIP.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.