Luhut Minta Instansi Pemerintah Wajib Beli Produk Dalam Negeri

Ekopol11 Dilihat
Luhut Binsar Pandjaitan.

JAKARTA (GRAHA BUDAYA) — Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan meminta Pemerintah pusat dan daerah wajib membeli produk dalam negeri.

Hal ini merupakan merupakan bentuk dukungan untuk meningkatkan pembelian dan pemanfaatan produk dalam negeri guna menyukseskan program atau Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia (Gernas BBI).

“Belanja pemerintah wajib untuk produk dalam negeri, termasuk belanja barang dan jasa, namun jika ada impor maka hal tersebut adalah pengecualian, serta kementerian/lembaga yang mengusulkan impor harus menyampaikan kebijakan, program, dan langkah pengurangan impor tersebut hingga 2023,” ujar Luhut Rabu (16/2/).

Luhut mencontohkan langkah konkret yang dilakukan pada tahun 2021 oleh Kemendikbudristek yang telah mengalihkan dari belanja produk elektronik impor ke produk dalam negeri sebesar Rp1,27 triliun.

“Kemenkes juga telah membeli alat kesehatan dan obat-obatan dalam negeri sebesar Rp648 miliar. Hal ini memiliki dampak yang besar pada perekonomian dalam negeri kita,” imbuhnya.*

Sumber: PMJ News

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.