Kardinal Zen Ditangkap Polisi Hong Kong

Humaniora7 Dilihat
Kardinal Joseph Zen/CNA.

GRAHA BUDAYA– Kardinal Joseph Zen ditangkap Polisi Hong Kong karena berperan sebagai wali Dana Bantuan Kemanusiaan 612. 

Dikutip dari Tempo.co, Mantan Uskup Hong Kong tersebut ditangkap bersama  empat orang lainnya pada Rabu, 11 Mei 2022. Ke-4 orang tersebut yakni seorang pengacara senior Margaret Ng, 74 tahun, aktivis dan penyanyi pop Denise Ho,  mantan anggota parlemen Cyd Ho, dan mantan akademisi Hui Po-keung.

Baca Juga: BRIN Ungkap 3 Penyebab Suhu Panas Melanda Indonesia

Dana Bantuan Kemanusiaan 612, didirikan pada 15 Juni 2019. Dana tersebut bertujuan untuk dukungan kemanusiaan dan keuangan kepada orang-orang yang terluka, ditangkap, diserang, atau diancam dengan kekerasan selama protes Anti-ELAB. selain itu diberikan untuk bantuan hukum, medis, psikologis dan darurat.

Dana Bantuan tersebut sudah dibubarkan tahun lalu, setelah polisi keamanan nasional memerintahkan untuk membagikan rincian operasional.

Baca Juga: Gama UGM dan Flotista UI Gelar Webinar dengan Sejumlah SMA di NTT 

Dari penyelidikan tersebut ditemukan adanya dugaan pelanggaran undang-undang keamanan nasional. Hal inilah yang menyebabkan ditangkapnya Kardinal Zen cs.

Berdasarkan sumber yang dirahasiakan bahwa Kardinal Zen cs menghadapi tuduhan yang sama.

Baca Juga: Bocah di Maroko Tewas Usai Jatuh di Sumur Sedalam 32 Meter, Raja Ikut Berduka

“Kelimanya adalah wali “Dana Bantuan Kemanusiaan 612″ yang membantu para pengunjuk rasa yang telah ditangkap selama protes pro-demokrasi dan anti-Cina pada 2019 untuk membantu membayar biaya hukum dan medis mereka,” ungkap media.* 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.