Jadwal Misa Requiem dan Ibadat Pemakaman Pater John Prior SVD

Budaya, Humaniora30 Dilihat
Pater John Prior, SVD.

GRAHA BUDAYA — Sekolah Tinggi Filsafat Katolik (STFK) Ledalero Maumere dan Serikat Sabda Allah (SVD) hari ini kehilangan seorang sosok penting.

Pater John Mansford Prior, SVD yang mengabdi untuk lembaga calon imam terbesar di dunia ini selama hampir lima dekade telah kembali ke pangkuan Bapa.

Pakar teologi Katolik asal Inggris ini tutup usia pada Sabtu (2/7) sekitar pukul 06.30 WITA di Biara Simeon Ledalero di Kecamatan Nita, Kabupaten Sikka.

Baca juga: Suster Giovanita Meninggal Akibat Lakalantas Saat Ambil Hosti Kudus

Rektor Seminari Tinggi Ledalero Pater Fransiskus Ceunfin, SVD dalam sebuah plakat undangan yang diunggah di akun Instagram Institut Filsafat dan Teknologi Kreatif (IFTK) Ledalero mengatakan Pater John Prior akan dimakamkan Minggu (3/7).

Misa Requiem dan ibadat pemakaman akan dilaksanakan pada pukul 14.30 WITA di Kapela Agung Seminari Tinggi Ledalero.

Sementara itu, Misa Nara Krus (Tiga Malam) akan dilaksanakan pada Rabu, 6 Juli 2022 pukul 17.00 WITA di Kapela Agung Seminari Tinggi Ledalero.

Baca juga: Pakar Teologi Katolik Pater John Prior SVD Tutup Usia

Pater John Prior meninggal dalam usia 76 tahun dan sudah 55 tahun mengikrarkan Kaul religiusnya. Tahun ini, dia juga merayakan 50 tahun imamatnya.

Kepergiaan Pater John Prior meninggalkan duka yang mendalam bagi tarekat religius SVD dan STFK Ledalero, yang kini sudah berganti nama menjadi IFTK Ledalero.

Pater kelahiran 14 Oktober 1946 ini dikenal sebagai imam yang provokatif dan begitu kritis baik terhadap kehidupan para klerus maupun terhadap kehidupan sosial dan politik di masyarakat.

Baca juga: Meninggal dalam Pelukan Hosti Kudus, Keluarga Suster Giovanita Bangga

Pater John Prior merupakan imam asal Inggris yang mengabdi untuk STFK Ledalero sejak tahun 1970-an. Sejak tahun itu hingga sekarang dia dikenal sebagai ahli misiologi dan sosiologi yang handal.

Sudah banyak buku, artikel dan karya ilmiah yang lahir dari tangan kritis Pater John Prior. Semuanya itu merupakan buah dari refleksinya yang mendalam terhadap teologi Gereja Katolik.

Sebelum jatuh sakit, Pater John Prior tinggal di Rumah Pusat Penelitian Candraditya, Wairklau, Maumere bersama dengan beberapa pastor lainnya.

Dilansir dari situs STFK Leldaero, Pater John Prior meraih gelar Doktor Teologi pada tahun 1987 di Brimingham University, Inggris. Pater John Prior tidak menempuh pendidikan master tetapi langsung menempuh pendidikan doktor setelah S1.

Setidaknya ada empat gelar Sarjana (S1) yang diraihnya. Pertama, Sarjana Filsafat dan Sosiologi dari DanamonCastle tahun 1968, kemudian Sarjana Teologi dan Antropologi Sosial pada Lembaga Misioner London (1972), Sarjana Teologi Biblis pada Cambridge University (1973) danSarjana Teologi Interkultural pada Brimingham University (1986).

Link Misa Requiem bisa diakses di sini: https://youtu.be/WCLMTcKWWH0. Mohon maaf jika ada gangguan dalam akses terhadap jaringan.*

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.