Harap Waspada, Perempuan di Ruteng Raib Rp106 Juta Akibat SMS Berkedok Hadiah

Humaniora6 Dilihat
Ilustrasi penipuan via SMS.

RUTENG (GRAHA BUDAYA) — Perempuan berinisial YS asal Leda, Kota Ruteng, Kecamatan Langke Rembong, Kabupaten Manggarai, NTT menjadi korban penipuan berkedok hadiah pulsa. Tabungannya pun raib Rp106 juta.

Kejadian tersebut terjadi pada Senin, 7 Februari 2022. YS diiming-imingi mendapat hadiah pulsa dan hadiah barang elektronik dari Bank BRI Pusat Jakarta yang diterimanya melui SMS.

YS pertama kali menerima SMS yang berisi nomor undian hadiah. Namun setelahnya korban menerima telepon dari  nomor +1(401)780953.

Baca Juga: Berkas Perkara Randy PP Polda-Kejati, Gerry Diduga Kunci Bongkar Jejak Digital

Pelaku menyuruh korban membuka link dikirim melalui SMS di Handphone milik korban.

“Habis itu dia suruh buka SMS, katanya sudah dapat poin dari Telkomsel 100.000. Saya cek memang benar masuk pulsanya Rp100 ribu,” katanya.

Karena merasa yakin dengan modus penipuan, korban lagi-lagi suruh untuk membuka kode One Time Password (OTP) di handphonen-nya.

“Habis itu dia sebutkan identitas saya, saya jawab ia benar. Setelah itu suruh buka SMS lagi, ada masuk kode OTP, saya liat dan di suruh bacakan angka ada lima yang masuk, saya sudah bacakan dan duanya belum sampai selesai, saya baru sadar dan kasi mati HP,” kisahnya.

Tanpa dia sadari, kode OTP yang disebutnya itu merupakan kode untuk membongkar kunci akun rekeningnya.

Ketika YS mengecek tabungannya, uangnya sebesar Rp106 juta dinyatakan raib.

Baca Juga: Digugat Cerai Marianus Sae, Maria Moi Tepis Tuduhan Selingkuh

“Sekarang tinggal sisa saldo Rp49.000 ribu dari sebelumnya Rp100 juta lebih,” ungkapnya.

YS pun telah melaporkan kejadian tersebut kepada Polres Manggarai dan BRI Cabang Ruteng. Pihak berwenang diharapkan melakukan penyelidikan terhadap dugaan penipuan tersebut.*

Sumber: Alur.id

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.