Berkas Lengkap, PH Korban Minta JPU Tidak Ragu Susun Surat Dakwa Randy

Humaniora5 Dilihat
PH korban Aditya Nasution.

GRAHA BUDAYA Berkas perkara pembunuhan ibu dan anak di Kupang, Astri Manafe dan Lael Maccabee sudah lengkap.

Penasihat hukum korban Adhitya Nasution meminta agar jaksa penuntut umum (JPU) tidak ragu dalam menyusun surat dakwa untuk menjerat tersangka Randy Badjideh.

“Pemenuhan petunjuk agar JPU tidak ragu dalam menyusun surat dakwaan sekaligus keyakinan menuntut secara maksimal, sekaligus menguji fakta dan pembuktian perkara di dalam persidangan,” katanya di Kupang, Rabu (23/3) malam.

Baca juga: Tragis, Pengacara Muda di Nagekeo Dibunuh Kakak Sepupu yang Lalu Bunuh Diri

Adhitya mengatakan, kliennya sudah mendapat informasi jaksa peneliti menyatakan berkas perkara sudah lengkap.

Tuntasnya berkas perkara Randy menjadi bukti penyidik Polda NTT telah bekerja maksimal dalam memproses dan menuntaskan kasus kematian Astri Lael.

Adhitya mengatakan, pihaknya dan keluarga korban akan memberikan dukungan penuh kepada JPU agar dapat membuktikan kasus tersebut dalam persidangan nanti.

Dia berharap semua pemenuhan dan penyempurnaan petunjuk yang diminta oleh JPU dapat menjadi jalan melanjutkan pada persidangan dengan dakwaan dan tuntutan maksimal agar mampu memberikan rasa keadilan bagi keluarga korban.

Baca juga: Polda NTT: Berkas Perkara Randy Dinyatakan Lengkap (P-21)

Adhitya meminta masyarakat tetap mengawal kasus kematian Astri dan Lael hingga mendapatkan keputusan maksimal agar memberi keadilan bagi keluarga korban.

Sebelumnya, Kepala Seksi Penerangan Hukum Kejaksaan Tinggi NTT Abdul Hakim, mengatakan, jaksa peneliti telah memeriksa berkas perkara dan dinyatakan rampung. 

Setelah dinyatakan lengkap, jaksa akan meminta penyidik pada Polda NTT menyerahkan tersangka dan barang bukti sesuai dengan berkas perkaranya.

“JPU berkesimpulan bahwa berkas perkara pembunuhan itu sudah lengkap formil dan materilnya,” katanya, Rabu (23/3).

Baca juga: Menurut Hasil Autopsi RS Bhayangkara, Ini Penyebab Kematian Astri dan Lael

Sementara itu, Kabid Humas Polda NTT Kombes Pol Rishian Krisna mengatakan pihaknya sudah menerima surat keterangan dari Kejati NTT yang menyebut berkas perkara Randy sudah lengkap.

“Jaksa peneliti telah menyatakan berkas perkara dari tersangka RB alias Randy telah lengkap, dan kasusnya dinyatakan sudah P-21,” ujar Krisna di Kupang, Rabu (23/3).

Dia menjelaskan pelaksanaan pelimpahan tersangka Randy beserta barang buktinya (Tahap II) untuk proses hukum akan dilakukan dalam waktu dekat.

Sebanyak empat kali penyidik Polda NTT melengkapit petunjuk pada berkas perkara Randy, tersangka kasus kematian Astri Manafe dan Lael Maccabbee.

Baca juga: Bukan Agustus, Astri dan Lael Diduga Dibunuh pada Awal Oktober 2021

Berkas pertama kali dikirim pada 28 Desember 2021.Namun ditolak. Terakhir kali, berkas dikirim pada 16 Maret 2022 untuk keempat kalinya.

Dengan lengkapnya berkas perkara tersebut, kasus pembunuhan Astri dan Lael siap disidangkan di pengaidilan.*

Sumber: Pos Kupang

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.