Aliansi Pencari Keadilan Astri dan Lael Minta Randy Dihukum Mati

Terdakwa Randy Badjideh.

GRAHA BUDAYA — Aliansi pencari keadilan kasus pembunuhan ibu dan anak di Kupang, Astri Manafe dan Lael Maccabbee meminta jaksa penuntut umum Kejaksaan Negeri Kupang menuntut hukuman mati terhadap terdakwa Randy Badjideh.

Sidang pembacaan tuntutan terhadap Randy akan digelar harii ini, Senin, 18 Juli 2022 di Pengadilan Negeri Kupang, sekitar pukul 10.00 WITA.

Dikutip dari unggahan media sosial Jack Manafe, Aliansi pencari keadilan Astri dan Lael terdiri dari Garda Triple X Flobamora, Garuda Kupang, Laskar Timor Indonesia (LTI), Ikatan Paguyuban Flotirosa, Unity In Diversity, dan Aliansi Pemuda NTT-Jakarta.

Baca juga: 3 Jenazah Warga NTT Dipulangkan dari Papua: 2 ke Bajawa dan 1 ke Manggarai

Selain aliansi, kelompok ibu-ibu asal Rote yang menetap di Darwin, Australia juga meminta JPU menuntut hukuman yang seberat-beratnya terhadap suami dari tersangka Ira Ua tersebut.

Menurut Aliansi, Randy layak dihukum mati karena dinilai setara dengan perbuatan kejinya menghabiskan nyawa kedua korban.

Randy juga terlihat berbelit-belit selama persidangan, bahkan diduga melakukan pembohongan atau merekayasa fakta kejadian pembunuhan Astri dan Lael pada medio Agustus 2021 lalu.

Baca juga: Ira Ua Dijerat Tambahan Pasal 221 KUHP, Dugaan Pelaku Lain Makin Jelas

Randy juga terkesan menyembunyikan adanya pelaku lain dalam perkara Penkase. Hal mana terlihat dari beberapa kontradiksi fakta di persidangan.

Salah satu fakta yang cukup menyita perhatian adalah keberadaan mobil Avanza yang tidak diketahui siapa sebenarnya yang menggunakan mobil itu.

Selain itu, ada juga fakta mobil Rush yang dipakai Randy bergerak sendiri dua kali saat Randy tidak sedang mengemudi mobil Rush tersebut.

Baca juga: 11 Warga Sipil Tewas Ditembak KKB di Nduga, 3 dari NTT

Dugaan keterlibatan pelaku atau aktor lain dalam kasus ini terbuka lebar dengan adanya fakta tersebut. Skenario yang dibangun untuk merujuk kepada tersangka tunggal pun mental di persidangan.*

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.