Ahli Bahasa Minta Polisi Sebaiknya Berikan Percakapan Lengkap RB dan IU

Ira Ua dan Randy.

GRAHA BUDAYA — Sidang kasus pembunuhan ibu dan anak di Kupang Astri Manafe dan Lael Maccabbee telah digelar pada Rabu (15/6). Sidang ini menghadirkan Christina, ahli linguistik ilmu kebahasaan yang merupakan seorang ASN pada kantor bahasa Provinsi NTT.

Ahli bahasa yang dihadirkan memberikan masukan dalam hal menilai percakapan antara Randy Badjideh serta istrinya, Irawaty Astana Dewi Ua alias Ira Ua.

Cristina mengatakan bahwa penyidik Polda NTT memberikanpotongan percakapan antara Randy dan Ira yang diketahui terjadi pada 7 Oktober 2021.

Meski bisa menyimpulkan inti dari percakapan tersebut, dia mengatakan penyidik sebaiknya memberikan percakapan lengkap antara Randy dan Ira.

Baca Juga: Seolah Tak Bersalah, Randy Tos-Tosan dengan 3 PH dan Seorang Diduga Penyidik Usai Sidang

Dalam screenshoot yang diberikan penyidik, dia menyebutkan bahwa obrolan antara Randy dan Ira dimulai dari Randy yang mengirim pesan kepada Ira. 

Beginilah isi pesan:

“Beta cinta beta sayang makanya b buat sampe bgn mah itu son cukup buat mama percaya beta ko”.

Ira lalu membalas hanya foto merah (maaf) di bagian dada dengan teks alergi sebuah emoticon.

Randy kemudian membalasnya:

“Beta bunuh orang lo mah bukan beta tipu orang ato pukul orang mah beta bunuh orang ini mah. Son bisa ko itu bukti klo b cinta b sayang b mw hidup dg ktg ko,” bunyi WA Randy diakhiri tanda tanya.

Baca Juga: Bukan September, Buang Sine Sebut RB dan IU ke Grapari Matikan HP pada November 2021

Setelah itu, tidak ada lagi balasan dari tersangka Ira Ua.

Berdasarkan percakapan tersebut, ahli menjelaskan bahwa telah melakukan sesuatu. dan hal itu tidak terbukti membuktikan kepada istrinya, Ira Ua bahwa dia sudah melakukan sesuatu.

Menurut ahli, jawaban dari pertanyaan, yakni Ira Ua dengan alergi terdapat dua bagian yang diberi tanda bintang. Maksnya Ira memang alergi atau tidak percaya pada omongan Randy.

“Pertama, benar-benar memang Ira mengalami alergi, namun ahli tidak bisa memastikan harus melakukan pemeriksaan fisik lagi, sedangkan makna kedua ketidakpercayaan atas apa yang dilakukan,” ungkap Cristina.

Baca Juga: Jack Manafe Sebut Keluarga Punya Bukti untuk Patahkan Keterangan Saksi Ahli IT

Lanjut ahli, pada percakapan tersebut membuat pernyataan bahwa dia memang melakukan kejahatan. Jawaban Ira yang hanya mengirimkan foto dan emotikon membuat Randy mempertanyakan apakah bukti dari tindakannya itu untuk mengetahui lebih banyak istri,Ira Ua.

Selain percakapan diatas, ahli juga dimintai penilaiannya tentang pernyataan Ira yang berbunyi “sonde bisa sayang, kecuali itu anak (Lael) dan Ate sonde ada baru beta bisa tenang”. 

Kalimat Ira ini disampaikan berulang-ulang dan kepada lebih dari satu orang. Ahli mengatakan makna dari pernyataan tersebut adalah ungkapan perasaan yang tidak tenang dan juga dimaknai pergi jauh.

Baca Juga: Dugaan Dibekap dan Dipukul, Ahli Forensik Sebut Ada Banyak Luka di Sekujur Tubuh Astri dan Lael

“Jika diartikan pernyataan itu merupakan ungkapan perasaan dari Ira yang menyatakan bahwa dia akan hidup tenang, dia akan menjalani hidup ini apabila Ate dan anak (Lael) sudah tidak ada. Tidak ada ini, menurut ahli bisa dimaknai dengan pergi jauh atau hilang,” terang Christina.

Ahli juga mengatakan bahwa pernyataan diatas merujuk pada Ira yang merasa terganggu dengan adanya Astri dan Lael. Kata-kata yang selalu diulang itu dapat memicu lawan bicaranya melakukan sesuatu.

Selain itu, ahli sempat menyampaikan kepada penyidik ​​bahwa percakapan tersebut terputus, ada percakapan sebelum dan sesudahnya yang bisa digali lebih dalam. 

“Jika memang ada percakapan sebelum dan sebelum maka bisa digali lebih dalam, memang ini terpotong,” pungkas Cristina.*

Sumber: Kupang Terkini

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.